Jakarta Pusat

Jl. Gunung Sahari Raya 51 A3

021-4203744
06.30 - 20.00 WIB Senin-Jumat

06.30 - 17.00 WIB Sabtu

Tanda Anda Kurang Air Putih

tanda-anda-kurang-air-putih

Tanda Anda Kurang Air Putih

Ada anggapan bahwa meminum segelas kopi, , soda, atau minuman lainnya cukup menggantikan air, padahal tidak, karena air putih tidak bisa digantikan dengan minuman lain.

Sekitar 50-70% tubuh manusia terdiri dari air. Hal ini membuat tubuh manusia membutuhkan asupan air yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Caranya adalah dengan meminum air putih sebanyak 8 gelas per hari atau tiap 15-20 menit sekali.

Ada anggapan bahwa meminum segelas kopi, susu, teh, soda, atau minuman lainnya cukup menggantikan air, padahal tidak. Tubuh membutuhkan kandungan H2O yang bisa didapatkan dari air putih, maka kurang tepat jika Anda meminum minuman lain untuk menggantikan fungsi air putih.

Kekurangan pasokan air putih dapat diketahui dari beberapa tanda dan gejala yang terjadi pada tubuh, melansir berbagai sumber, berikut ini tanda Anda kurang air putih.

  1. Rentan sakit

Meminum air putih dapat mendorong tubuh mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Organ tubuh bekerja seperti mesin untuk menyaring racun-racun yang ada. Namun, jika tidak mengisi ‘mesin’ tersebut dengan air, tubuh tak dapat berfungsi dengan baik dan dapat menyebabkan masalah kesehatan.

  1. Kulit menjadi kering

Tanda umum yang terjadi ketika Anda kekurangan asupan air ada mulut menjadi kering. Selain itu, kekurangan asupan air juga membuat kulit kering. Kulit membutuhkan air untuk tetap terhidrasi dengan baik, jika kulit tidak mendapat asupan air yang baik, tubuh menjadi sulit berkeringat dan tidak dapat membersihkan kotoran di dalam kulit.

  1. Terjadi masalah pencernaan

Kekurangan asupan air juga dapat memengaruhi pada sistem pencernaan. Kekurangan air dapat menyebabkan kekuatan lendir di perut berkurang dan dapat menyebabkan asam lambung yang dapat merusak tubuh dari dalam. Tak hanya itu, kurang air juga dapat menyebabkan sembelit. Ini karena pasokan air yang masuk tidak sebanding dengan pasokan air yang dibutuhkan oleh usus besar.

  1. Mengalami nyeri sendi

80% dari tulang rawan dan tulang belakang adalah air. Ini menyebabkan air menjadi kebutuhan mutlak bagi tulang. Air berfungsi untuk membaut tulang agar tidak bergesekan satu sama lainnya ketika beraktivitas, seperti berlari, melompat atau terjatuh.

  1. Merasa lelah dan letih

Ketika tubuh kekurangan air, tubuh akan secara otomatis meminjam air dari darah. Apabila hal ini terjadi akan menyebabkan kurangnya oksigen yang disalurkan melalui darah sehingga Anda lebih mudah merasa lelah dan letih.

  1. Mengalami gangguan buang air kecil

Normalnya, manusia akan membuang air kecil sebanyak 4-7 kali tiap harinya. Ketika asupan air berkurang, tidak hanya frekuensi buang air saja yang kurang, tapi urine yang akan berubah warna menjadi kuning gelap.

Setelah mengetahui gejala tersebut, Anda disarankan untuk rajin meminum air putih, apalagi jika yang Anda minum adalah air hangat, maka akan semakin baik.. Bagi Anda yang khawatir akan kondisi kesehatan secara umum, GS Lab hadir untuk membuat Anda mengetahui kondisi kesehatan Anda dengan melakukan Medical Checkup dan berbagai pemeriksaan kesehatan lainnya. Lakukan selalu pemeriksaan melalui GS Lab, karena banyak keunggulan dan keuntungan jika Anda melakukan pemeriksaan di GS Lab, antara lain harga hemat, home service, dan hasil lab online. Jadi tunggu apalagi ayo segera lakukan pemeriksaan!

GS Lab

Laboratorium Klinik terbaik di Jakarta. Pesan pemeriksaan kesehatan secara online lewat gslab.co.id

No Comments

Leave a Reply