Jakarta Pusat

Jl. Gunung Sahari Raya 51 A3

021-4203744
06.30 - 20.00 WIB Senin-Jumat

06.30 - 17.00 WIB Sabtu

Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Diet Gagal

kebiasaan-sehari-hari-yang-bikin-diet-gagal

Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Diet Gagal

Ketika melakukan diet Anda harus tetap sarapan, karena kebiasaan melewatkan sarapan dapat membuat berat badan seseorang cenderung mudah bertambah.

Bentuk tubuh yang ideal tentu menjadi impian hampir setiap orang, apalagi bagi kaum wanita. Namun, mendapatkan tubuh ideal tidak semudah yang dipikirkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan diet. Diet sendiri berarti mengatur pola makan sesuai dengan jumlah kalori dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Diet berarti mengurangi jumlah makanan dalam tubuh. Ada banyak jenis diet yang beredar di pasaran dan memiliki aturan ketat spesifik yang berbeda-beda. Anda dapat memilih satu di antaranya yang dirasa paling sesuai. Namun, melakukan diet tidak serta-merta menjamin penurun berat badan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Diet sebenarnya tidak semata-mata hanya mematuhi peraturan makan yang ditetapkan. Di luar aturan makan program diet, ada hal-hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Biasanya, masih banyak program diet yang gagal karena kebanyakan orang mengabaikan dan melupakan hal-hal kecil yang penting itu. Berikut ini beberapa kebiasaan yang membuat program diet gagal.

  1. Kurang berolahraga

Terlalu fokus pada pengaturan pola makan dan malah melupakan olahraga akan memberikan hasil diet yang hampa. Diet ketat tanpa diimbangi aktivitas fisik yang teratur tak akan membawa perubahan bentuk tubuh. Olahraga berperan penting untuk membakar kalori dalam tubuh. Apabila Anda sedang melakukan diet, Anda disarankan untuk berolahraga setidaknya selama 30 menit per hari. Anda cukup melakukan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda keliling komplek.

  1. Kurang tidur

Pola tidur yang buruk dan kebiasaan begadang jelas berdampak buruk bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Kekurangan tidur dapat meningkatkan hormon lapar dan menurunkan hormon kenyang. Ketika Anda kurang tidur, Anda justru akan menambah asupan makanan terus-menerus. Selain itu, kurang tidur di malam hari juga membuat seseorang tak memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas keesokan hari. Akibatnya, tubuh pun akan lemas dan akan memicu Anda kurang gerak.

  1. Kurang minum air putih

Seseorang memang perlu meminum delapan gelas air mineral per hari agar tubuh tidak dehidrasi. Hal lain yang juga diperlukan ketika melakukan diet adalah meminum cukup air putih. Konsumsi air putih dapat membantu tubuh dalam mencerna makanan dan menyerap lemak.

  1. Makan terlalu cepat

Tanpa disadari, banyak dari Anda yang mungin mengunyah terlalu cepat apalagi ketika sedang dalam keadaan sangat lapar. Kebiasaan mengunyah makanan dengan cepat dan terburu-buru seperti ini tidak baik, karena makanan yang tidak hancur dengan baik akan membuat tubuh kesulitan untuk mencerna lemak.

  1. Tidak sarapan

Diet bukan berarti Anda harus melewatkan sarapan. Ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa seseorang yang terbiasa melewatkan sarapan akan memiliki berat badan cenderung mudah bertambah. Tidak adanya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh di pagi hari akan menimbulkan rasa lapar berlebih di siang hari. Hasilnya, Anda akan punya kecenderungan untuk makan siang dalam jumlah berlebih, lengkap dengan kadar lemak dan kalori yang tinggi.

GS Lab

Laboratorium Klinik terbaik di Jakarta. Pesan pemeriksaan kesehatan secara online lewat gslab.co.id

No Comments

Leave a Reply